Sunday, January 3, 2016

Resep Rendang Sapi Empuk dan Lezat

Rendang Sapi pernah masuk kategori makanan terlezat sedunia versi CNN tahun 2011 silam.  Urutan tersebut didapat dari hasil polling menggunakan situs jejaring sosial. Kabar heboh seputar rendang juga menggema di negara tetangga, Malaysia pernah mengklaim bahwa rendang merupakan makanan tradisional mereka. Rendang dipopulerkan oleh masyarakat Padang, Sumatera Barat namun kini sudah sangat terkenal di seluruh pelosok tanah air. 

Resep Rendang Sapi Empuk dan Lezat
Seiring berkembangnya kreativitas pecinta kuliner, rendang tidak hanya dibuat dari bahan baku daging sapi saja. Memang pada awalnya, resep rendang ini berlaku jika terbuat dari olahan daging sapi. Kini, bahan baku bisa dari telur, belut, jantung pisang, jengkol, itik/bebek dan  masih banyak lagi. Dilihat dari proses memasak, rendang memiliki tingkat kerumitan yang tinggi apalagi lamanya waktu memasak. Jika rendang dibuat dalam porsi sedikit tentu akan membuat boros. Sebagian orang malas membuat rendang karena hasil yang dimasak tidak sesuai dengan jerih payah. Makanya, tidak heran lebih enak membeli langsung di rumah makan padang yang sudah tersebar dimana-mana. 

Sebenarnya olahan rendang ini bisa dibuat versi kering, jadi bisa tahan lama hingga berbulan-bulan. Rendang dikemas dalam wadah kedam udara dan disimpan di freezer. Jadi anda bisa membuatnya dalam jumlah banyak. Nah, kali ini kami akan membagikan resep rendang daging yang empuk dan lezat. Persiapkan bahan dan bumbunya yaa,,,

resep rendang sapi lezat


Waktu persiapan : 20 menit
Waktu memasak : 60 menit
Waktu total : 1 jam lebih 20 menit 


Bahan resep rendang sapi empuk dan lezat

500 gram daging sapi, potong menjadi 10
600 ml santan kental, dari 1.5 butir kelapa
300 gram baby potato
5 sdm minyak goreng
300 ml air

Bumbu halus:
10 buah cabai merah iris
6 butir bawah merah
3 siung bawah putih
3 cm kunyit
3 cm jahe
3 cm lengkuas
1 sdm garam
Bumbu lainnya:
1 lembar daun kunyit
1 batang serai
2 butir asam kandis

Cara membuat Bahan resep rendang sapi empuk dan lezat
  1. Tumis bumbu hingga harum, masukkan daging, aduk hingga berubah warna. Masukkan daun kunyit, serai, dan asam kandis. Aduk perlahan.
  2. Tuangkan air dan masukkan baby potato. Masak hingga air menyusut. Aduk perlahan sesekali.
  3. Masukkan santan, masak dengan api sedang. Biarkan hingga daging empuk, kuah kering, dan berminyak. Angkat, sajikan
Bagaimana, mudah bukan? Pastikan anda memilih daging yang berkualitas baik dan rempah-rempah yang tidak layu. Jika anda ingin memasak rendang sapi yang lebih praktis lagi bisa menggunakan bumbu instan yang dijual di pasaran atau swalayan. Namun, kekurangan dari bumbu instan ini rasanya kurang nendang jika dibandingkan dengan bumbu giling biasa. Atau, anda bisa mencari informasi adanya bumbu rendang giling yang ada di pasar besar. Dijual kiloan.  Selamat mencoba ya, jangan lupa bagikan ke teman yang juga pecinta kuliner betapa mudahnya membuat resep daging sapi empuk dan lezat ini. 

No comments:

Post a Comment