Sunday, January 3, 2016

Resep Udang Asam Manis

Siapa yang tidak kenal dengan khasiat udang?Udang memiliki kandungan Omega 3, vitamin B12 dan juga niacin, selain bahan galian seperti zink, zat besi dan juga tembaga. Sebagian orang beranggapan bahwa udang mengandung lemak dan bisa menyebabkan kolesterol. Kolesterol yang dimaksud adalah kolesterol baik dan mengandung protein yang komplit sangat cocok bagi anda yang ingin membentuk otot tubuh. Vitamin dan mineral di dalamnya juga sangat baik untuk tubuh. Selain itu, udang juga bermanfaat untuk jantung, diet dan sebagai antioksidan meningkatkan daya tahan tubuh. 

Resep Udang Asam Manis 
Proses persiapan hingga penyajikan resep ini cukup singkat. Cita rasa udang yang bercampur pada bumbu saus ikan ini menggugah selera anda. Udang yang berukuran sedang lebih mudah dan enak dimasak. Saus tomat membuat makanan ini terasa segar, rasa asamnya membuat ketagihan siapa saja yang memakannya. Supaya tidak amis, bersihkan belah punggung udang dan semua dilumuri dengan perasan air jeruk nipis. Diamkan sebentar supaya meresap. Nah, persiapkan bahan dan bumbu ya, segera kita eksekusi:

Resep udang asam manis

Bahan resep udang asam manis

Bahan:
300 gram udang ukuran sedang, belah punggungnya
2 siung bawang putih, cacah halus
1 cabai merah besar, iris tipis
1 buah jeruk nipis, peras airnya
2 sdm minyak goreng
Saus:
1 sdt saus ikan
½ sdt saus inggris
3 sdm saos tomat
1 sdt gula pasir
¼ sdt garam
¼ sdt merica bubuk
3 sdm air

Cara membuat resep udang asam manis
  1. Bersihkan udang dan belah bagian punggung
  2. Panaskan minyak dan goreng udang sebentar sampai berubah warna, angkat, sisihkan
  3. Tumis bawang putih sampai harum, tambahkan cabai merah. Masak hingga layu
  4. Tambahkan saus ikan, saus inggris, saus tomat, gula, garam, merica dan air. Aduk hingga rata
  5. Masukkan udang, aduk rata sampai matang dan meresap
  6. Angkat dan hidangkan
Menu ini cocok dimakan bersanding nasi hangat, proses memasak yang cepat membuat menu ini sesuai sebagai selingan menu makanan sehari hari. Menu masakan indonesia memang banyak varian. kekayaan alam darat, udara dan laut terutama udang tidak kalah lezat dengan menu masakan luar negeri. yang membedakan tentu ada pada rempah-rempah sebagai bumbu masakan. Selamat mencoba resep udang asam manis ya, 

No comments:

Post a Comment