Monday, January 4, 2016

Resep Hati Sapi Bumbu Kecap Kacang Merah yang Nikmat dan Sehat

Resep Hati Sapi Bumbu Kecap Kacang Merah- Selama ini kita hanya mengetahui bahwa bumbu masakan dan makanan yang banyak mengandung mikronutrien (vitamin, mineral dan elemen)paling besar terkonsentrasi pada buah dan sayuran. Meskipun hal tersebut benar, ternyata kandungan mikronutrien juga dapat kita temukan dalam daging dan jeroan salah satunya bagian hati. Salah satu fungsi hati adalah untuk menetralisir racun seperti obat-obatan, bahan kimia dan racun akan tetapi hati tidak menyimpan racun. Di sisi lain, hati adalah adalah organ penyimpanan untuk kebanyakan nutrisi penting (seperti vitamin A, D, E, K, B12 dan asam folat, dan mineral seperti tembaga dan besi) yang diperlukan tubuh. Jadi mengkonsumdi hati sangatlah baik untuk kesehatan tubuh. 

Resep Hati Sapi Bumbu Kecap Kacang Merah
Hati sapi biasanya dimasak dengan digoreng. Agar lebih istimewa kali ini kita akan bagikan resep membuat hati sampi dengan bumbu kecap yang manis lalu ditambahkan kacang merah sebagai pelengkapnya. Kacang merah dipilih karena memiliki tekstur dan warna yang melengkapi dari hati sapi. 

Berikut Resep Hati Sapi Bumbu Kecap Kacang Merah yang nikmat dan sehat :
Resep Hati Sapi Bumbu Kecap Kacang MerahResep Hati Sapi Bumbu Kecap Kacang Merah
Bahan dan Bumbu Hati Sapi Kacang Merah
400 gram hati sapi
75 gram kacang merah kering rebus matang
1/2 buah bawang bombay diiris panjang
2 siung bawang putih dicincang kasar
2 sdm saus tiram
2 sdt kecap jamur
1/2 sdt gula pasir
1/2 sdt merica hitam tumbuk kasar
250 ml air
1 batang daun bawang dipotong 2 cm
1 sdm minyak untuk menumis

Cara Membuat Hati Sapi Bumbu Kecap Kacang Merah
  • Sangrai hati sapi hingga warnanya berubah.
  • Setelah itu tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, lalu tambahkan kacang merah dan hati sapi. Aduk hingga rata.
  • Berikutnya tambahkan kecap jamur, saus tiram, gula pasir, merica, dan garam. Aduk kembali hingga rata.
  • Lalu tuangkan air sedikit demi sedikit, dan masak hingga air meresap dan mengental.
  • Tambahkan daun bawang, aduk kembali hingga rata.
  • Angkat hati sapi bumbu kecap kacang merah ini dan sajikan selagi hangat.
Hal penting yang perlu diingat dalam cara memasak hati sapi yaitu memastikan bahan ini matang sempurna agar hidangan aman disantap. Hal ini karena bakteri campylobacter bisa hidup secara patogen dalam jaringan hati sapi. Namun jangan biarkan hal ini membuat anda khawatir. Hati sapi aman untuk dinikmati jika telah dimasak hingga matang atau hingga bagian dalam hati sapi mencapai suhu minimal 70°C. Anda bisa mulai mencoba hidangan lezat nan sehat ini di rumah. Selamat mencoba .

No comments:

Post a Comment