Tuesday, January 5, 2016

Resep Sop Iga Kluwek yang Nikmat

Resep Sop Iga Kluwe-Resep sop iga menggunakan bahan dasar daging Iga Sapi adalah bagian daging sapi yang berasal dari daging di sekitar tulang iga atau tulang rusuk. Bagian ini termasuk dari delapan bagian utama daging sapi yang biasa dikonsumsi. Seluruh bagian daging iga ini bisa terdiri dari beberapa iga, mulai dari iga ke 6 sampai dengan iga ke- 12; untuk potongan daging iga yang akan dikonsumsi bisa terdiri dari 2 sampai dengan 7 tulang iga. Tulang iga biasa diolah menjadi sop seperti sop konro. Bisa juga dimasak semur, dipanggang. Namun kali ini kita akan memasak iga menajadi olahan sop.

Resep Sop Iga Kluwek
Sop iga merupakan salah satu resep masakan Indonesia yang populer dan tentunya banyak yang suka apalagi dengan tambahan sambal kecap plus kerupuknya yang menambah nikmat.Walaupun demikian banyak juga yang anti dengan masakan ini dikarenakan mengandung kolesterol.. tapi kalau makanan kita buat bervariasi antara sayuran dan daging yang juga dibarengi olahraga tentunya dapat dikatakan "cukup" aman. Sop iga kluwek ini terinspirasi dari masakan tradisional Jawa Tengah yang identik dengan gudeg dan rasa manis pada masakan, untuk menyesuaikan dengan lidah kita, anda bisa menambah atau mengganti sebagian bumbu sesuai selera anda. 

Berikut Cara Membuat Sop Iga kluwek enak dan lezat :
Resep Sop Iga Kluwek yang Nikmat
Bahan-bahan yang di siapkan
1 kg daging iga, potong sesuai selera
1 batang sereh, geprek
2 lembar daun salam
1 ruas lengkuas, geprek
4 cm (2 ruas jari) kayu manis
4 butir cengkeh
2 sdm Garam
2sdm kecap manis
Batang daun bawang, iris halus sbg taburan
1 sdm minyak untuk menumis

Bumbu halus:
2 buah kluwek, pecahkan ambil dagingnya
2 siung bawang merah
3 siung bawang putih
½ sdt pala bubuk
1 sdt merica bubuk
2 sdm kacang merah, rebus hingga lunak

Cara membuat sop iga kluwek
  • Tumis bumbu halus hingga wangi, tambahkan sereh, lengkuas, daun salam , cengkeh dan kayu manis.
  • Masukkan potongan daging, aduk rata lalu tambahkan air. Beri garam dan kecap manis.
  • Masak dengan api kecil hingga bumbu meresap dan daging jd empuk. Cicipi rasanya.
  • Sajikan
Sebelum mencoba resep masakan sop iga kluwek ini, sebaiknya pilih iga yang berkualitas ya dan sesuaikan iga apa yang cocok untuk jenis masakan kita. Untuk iga yang di masak dengan kuah, pilihlah iga yang di ambil dari bagian bawah ( spare ribs ), karena tulangnya lebih banyak daripada iganya.Apabila anda penyuka rasa pedas anda bisa menambahkan sambal atau potongan cabe rawit ke dalam masakan. Buah Kluwek bisa anda dapatkan di pasar tradisional atau di supermarket lengkap di kota anda. Selamat Mencoba.

No comments:

Post a Comment