Sunday, January 3, 2016

Resep Tongkol Balado Segar

Khasiat ikan tongkol untuk kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Makanan yang bersumber dari laut memang memiliki kelebihan tersendiri meski kadang berbau amis. Ikan tongkol sangat bermanfaat untuk seseorang yang memiliki penyakit hipertensi. Variasi menu masakan sangat cocok bagi siapa saja yang memiliki keluhan kesehatan supaya nafsu makan bertambah sekaligus memenuhi asupan gizi pada tubuh yang diperlukan. Tidak hanya itu, ikan tongkol sangat baik untuk menjaga kesehatan mata, rematik/linu tulang, anemia, mencegah ejakulasi dini dan mencegah kulit anda kusam. 

Resep Tongkol Balado Segar 

Resep tongkol balado segar, proses persiapan hingga penyajian menu ini sangatlah singkat. Ikan tongkol tidak sulit didapat, di pasar tradisional juga bisa anda dapatkan. Ikan tongkol dimasak segar karena adanya perpaduan jeruk nipis dan tomat. Ada juga resep lain yang menggunakan santan, namun balado segar ini bisa dijadikan menu sehat untuk anak balita yang sedang tumbuh kembang. Bahan lainnya juga mudah didapat. Nyaris deh, menu kali ini serba praktis dan kilat. Cocok masuk daftar list menu masakan anda setiap hari...



Bahan Yang Dibutuhkan

2 ekor ikan tongkol, cuci, buang kepala dan kotoran
1 sdt kunyit halus
1 sdm air jeruk nipis
2 sdm minyak
3 siung bawang putih
6 siung bawang merah
8 buah cabai merah rebus
1 buah tomat
garam secukupnya
air jeruk nipis secukupnya


Cara Membuat Resep Tongkol Balado Segar
  1. Ikan dilumuri kunyit dan air jeruk.
  2. Panaskan minyak. Tumis bawang sampai harum. Masukkan cabai, tomat, garam, dan air jeruk. Aduk-aduk.
  3. Masukkan ikan, masak hingga harum. Angkat, sajikan. 

Tips yang paling utama adalah cara memiliki tongkol yang baik. Perhatikan tubuh tongkol, apabila sudah tidak utuh cobalah memilih yang bagus. Mata ikan tongkol jika berwarna merah, ikan sudah 3 harian di taruh di tempat terbuka. Jadi pilihlah mata ikan yang masih tampak kehitaman yang menandakan ikan tongkol dalam keadaan segar. 



No comments:

Post a Comment